Benarkah Nadzar itu Dibenci?


Asaalamualaikum ustzda, apakah benar yang banyak disebut oleh lebanyakan orang kalau ulama itu memakruhkan nadzar? itu kenapa ya ustadz? mohon penjelasan, jazakallahu

Iya bener banget. Mungkin kita pernah dengar istilah "take and give", kalau diartikan ke bahasa Indonesia, artinya jadi "Mengambil dan memberi". Jadi kalau sudah mengambil, atau dapat sesuatu barulah dia memberi.

Dan ibadah kepada Allah swt, dasarnya tidak begitu, ibadah kepada ALlah bukan nunggu dapat pemberian atau rezeki, tapi harusnya kita dulu yang memberi kepada Allah dengan ibadah, baru nantinya Allah akan memberi kita manfaat dan rahmat-Nya.

Nah ulama banyak yang membenci nadzar, dan menggolongkan kepada perkara-perkara yang makruh. Karena nadzar itu kan ibadah tapi tergantung kepada hal yang dinadzarkan itu, kenapa tidak langsung ibadah saja langsung tanpa menunggu nadzar?

Nantinya kalau permintaan itu tidak terpenuhi, akhirnya tidak jadi ibadah. Apakah layak memperlakukan Allah yang memberi nikmat tanpa "syarat" seperti itu?

kalau mau ibadah ya ibadah, dan nantinya Allah akan memberi ganjaran dari ibadah itu. bukan malah nagih minta rizki/balesan dulu baru mau ibadah.

Wallahu a'lam

Comments

Popular posts from this blog

Buku Panduan Belajar Imla' Gratis

Jangan Terlena Dengan Hadits "Seseorang Akan Dikumpulkan Bersama Orang Yang Ia Cintai"

Ketika Nenek Menyusui Cucunya