Wudhu dan Sholat Tidak Sah Gara-Gara Tattoo, Benarkah?

assalamu'alaikm ustadz..
sya mau tnya.. ttng hukum'a bertatto.. yg saya tau jika seorg muslim bertatto tdk sah wudlu'a.. tdk sah jg shalat'a.. kcuali dihilangkan dgn cara dikolep sluruh anggota bdan yg brtato.. apa ada cara lain slain dripada tu jika punya byak tato? trus bgmana dgn muallaf yg sblum'a byak tato'a..



sejatinya anggapan bahwa sholat dan wudhu tidak sah jika seorang muslim mempunyai tato tidak sepenuhnya benar.

Sebab kalau kita cermati yang terjadi pada tato, tidak ada lapisan yang menghalangi kulit dari terkena basah air. Sebab tinta tato itu bukan merupakan selaput yang menutup kulit, melainkan tinta yang masuk ke dalam bagian dalam kulit. Sehingga tidak terjadi proses pelapisan atau penutupan kulit dari terkena air wudhu. Termasuk juga air untuk mandi janabah.

tapi mungkin memang ada bahan tato yang bukan tinta, akan tetapi seperti selaput kulit yang memang mnutup kulit untuk terkena air, kalau memang itu ada.

Namun yang jadi masalah justru pada pembuatan tato itu. Membuat tato itu adalah perbuatan haram dan dilaknat oleh Allah seperti tersebut dalam hadisnya:

عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: «لَعَنَ اللهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ، وَالنَّامِصَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ، وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللهِ»

Dari Abdullah bin Mas'ud ra, beliau berkataa: "Allah melaknat yang membuat Tatto dan meminta dibuatkan tattoo, dan juga yang mencukur bulu rambut di wajahnya dan juga yang meminta dicukur bulu rambut wajahnya untuk tujuan memperelok, dan orang yang mengubah ciptaan Allah" (HR. Bukhori)

Perbuatan-perbuatan yang rusak ini dilakukan dengan menyiksa dan menyakiti badan, yaitu dengan menusuk-nusukkan jarum pada badan orang yang ditato itu. Semua ini menyebabkan laknat, baik terhadap yang mentato ataupun orang yang minta ditato.

Jalan terbaik buat orang yang sudah terlanjur ditato (seperti muallaf) adalah bertaubat kepada Allah SWT. Kalau masih mungkin dihilangkan gambar-gambar itu, upayakanlah sebisa mungkin. Tapi kalau memang mustahil dihilangkan, maka jangan sampai nantinya melukai diri sendiri denga cara yang berbahaya bahkan membahayakan diri dan nyawa ketika menghilangkan itu. karena banyak isu yang berkembang kalau tato itu hanya bisa diapus dengan setrika. jelas ini membahayakan diri.

syariat tidak memaksa manusia mengerjakan apa yang memang tidak mampu dijangkau, yang terpenting taubat kembal ke islam ikhlas dan tulus, dan terus berusaha, barangkali ada jalan atau cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tato tentu dengan cara yang lebih aman.

Dan tidak perlu khawatir shalat tidak diterima hanya lantaran isu bahwa tato menghalangi air wudhu'. Insya Allah tato itu tidak menghalangi air wudhu' dan bila berwudhu' dengan memenuhi syarat dan rukunnya, hukumnya sah dan boleh melakukan shalat dengan wudhu' itu.

Wallahu a`lam
Share this article :
 

+ komentar + 10 komentar

17 Januari 2014 03.28

saran ustad, klo bisa blog antum diberi fasilitas pencarian...
maksih atas share ilmunya.

5 Agustus 2015 22.26

kebanyakan langsung vonis tidak sah padahal jika ingin bertaubat /solat, meskipun menghalangi, JIKA SULIT DIHILANGKAN maka wudhu dan mandi besar tetap SAH. seperti ketentuan dalam fiqih. karena masuk dalam ''alusr''

1 Juni 2016 13.10

terimakasih atas saranya ustad... ini sangat penting bagi kaum2 yg awam...

6 Juni 2016 20.47

Kalo orang yg bertato ingin menjadi imam sholat bagaimana stad, tattonyapun sangat banyak trus dia bukan muallaf karena orang tersebut pernah belajar di pondok pesantren malah

8 November 2016 19.00

terimakasih ustad, pencerahan nya?

17 Januari 2017 13.39

Nama sayh oka. Syh bertato. Tapi sayh sudah 5thn ini solat tidak pernh lupa mengaji puasa senin kamis sholat duha tahajud.. Nah itu gimana sah kh syh melalkun ya..

17 Januari 2017 13.40

Nama sayh oka. Syh bertato. Tapi sayh sudah 5thn ini solat tidak pernh lupa mengaji puasa senin kamis sholat duha tahajud.. Nah itu gimana sah kh syh melalkun ya..

9 Mei 2017 01.50

Untuk lebih jelasnya, ada baiknya anda menanyakan secara langsung kepada orang yang lebih tahu

9 Mei 2017 01.52

Untuk lebih jelasnya, ada baiknya anda menanyakan secara langsung kepada orang yang lebih tahu

14 September 2017 03.16

Assalamualaikum saya seorang muslim dan saya bertato di kaki kiri saya sampai2 saya tidak punya muka untuk sholat di masjid,tidak punya muka menghadap allah,skrg saya sangat lega setelah saya melihat postingan ini karena saya sempat punya planning untuk mengamputasi kaki kiri saya kelak supaya saya bisa kembali sholat dengan sah. Tapi skrg saya sudah tau bahwa tato di membuat wudhu ataupun solat tidak sah. Terimakasih banyak atas ilmunya.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ahmad Zarkasih - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger