Wudhu dan Sholat Tidak Sah Gara-Gara Tattoo, Benarkah?

assalamu'alaikm ustadz..
sya mau tnya.. ttng hukum'a bertatto.. yg saya tau jika seorg muslim bertatto tdk sah wudlu'a.. tdk sah jg shalat'a.. kcuali dihilangkan dgn cara dikolep sluruh anggota bdan yg brtato.. apa ada cara lain slain dripada tu jika punya byak tato? trus bgmana dgn muallaf yg sblum'a byak tato'a..



sejatinya anggapan bahwa sholat dan wudhu tidak sah jika seorang muslim mempunyai tato tidak sepenuhnya benar.

Sebab kalau kita cermati yang terjadi pada tato, tidak ada lapisan yang menghalangi kulit dari terkena basah air. Sebab tinta tato itu bukan merupakan selaput yang menutup kulit, melainkan tinta yang masuk ke dalam bagian dalam kulit. Sehingga tidak terjadi proses pelapisan atau penutupan kulit dari terkena air wudhu. Termasuk juga air untuk mandi janabah.

tapi mungkin memang ada bahan tato yang bukan tinta, akan tetapi seperti selaput kulit yang memang mnutup kulit untuk terkena air, kalau memang itu ada.

Namun yang jadi masalah justru pada pembuatan tato itu. Membuat tato itu adalah perbuatan haram dan dilaknat oleh Allah seperti tersebut dalam hadisnya:

عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: «لَعَنَ اللهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ، وَالنَّامِصَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ، وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللهِ»

Dari Abdullah bin Mas'ud ra, beliau berkataa: "Allah melaknat yang membuat Tatto dan meminta dibuatkan tattoo, dan juga yang mencukur bulu rambut di wajahnya dan juga yang meminta dicukur bulu rambut wajahnya untuk tujuan memperelok, dan orang yang mengubah ciptaan Allah" (HR. Bukhori)

Perbuatan-perbuatan yang rusak ini dilakukan dengan menyiksa dan menyakiti badan, yaitu dengan menusuk-nusukkan jarum pada badan orang yang ditato itu. Semua ini menyebabkan laknat, baik terhadap yang mentato ataupun orang yang minta ditato.

Jalan terbaik buat orang yang sudah terlanjur ditato (seperti muallaf) adalah bertaubat kepada Allah SWT. Kalau masih mungkin dihilangkan gambar-gambar itu, upayakanlah sebisa mungkin. Tapi kalau memang mustahil dihilangkan, maka jangan sampai nantinya melukai diri sendiri denga cara yang berbahaya bahkan membahayakan diri dan nyawa ketika menghilangkan itu. karena banyak isu yang berkembang kalau tato itu hanya bisa diapus dengan setrika. jelas ini membahayakan diri.

syariat tidak memaksa manusia mengerjakan apa yang memang tidak mampu dijangkau, yang terpenting taubat kembal ke islam ikhlas dan tulus, dan terus berusaha, barangkali ada jalan atau cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tato tentu dengan cara yang lebih aman.

Dan tidak perlu khawatir shalat tidak diterima hanya lantaran isu bahwa tato menghalangi air wudhu'. Insya Allah tato itu tidak menghalangi air wudhu' dan bila berwudhu' dengan memenuhi syarat dan rukunnya, hukumnya sah dan boleh melakukan shalat dengan wudhu' itu.

Wallahu a`lam

Comments

  1. saran ustad, klo bisa blog antum diberi fasilitas pencarian...
    maksih atas share ilmunya.

    ReplyDelete
  2. kebanyakan langsung vonis tidak sah padahal jika ingin bertaubat /solat, meskipun menghalangi, JIKA SULIT DIHILANGKAN maka wudhu dan mandi besar tetap SAH. seperti ketentuan dalam fiqih. karena masuk dalam ''alusr''

    ReplyDelete
  3. terimakasih atas saranya ustad... ini sangat penting bagi kaum2 yg awam...

    ReplyDelete
  4. Kalo orang yg bertato ingin menjadi imam sholat bagaimana stad, tattonyapun sangat banyak trus dia bukan muallaf karena orang tersebut pernah belajar di pondok pesantren malah

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Nama sayh oka. Syh bertato. Tapi sayh sudah 5thn ini solat tidak pernh lupa mengaji puasa senin kamis sholat duha tahajud.. Nah itu gimana sah kh syh melalkun ya..

      Delete
    2. Nama sayh oka. Syh bertato. Tapi sayh sudah 5thn ini solat tidak pernh lupa mengaji puasa senin kamis sholat duha tahajud.. Nah itu gimana sah kh syh melalkun ya..

      Delete
    3. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya anda menanyakan secara langsung kepada orang yang lebih tahu

      Delete
    4. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya anda menanyakan secara langsung kepada orang yang lebih tahu

      Delete
  6. Assalamualaikum saya seorang muslim dan saya bertato di kaki kiri saya sampai2 saya tidak punya muka untuk sholat di masjid,tidak punya muka menghadap allah,skrg saya sangat lega setelah saya melihat postingan ini karena saya sempat punya planning untuk mengamputasi kaki kiri saya kelak supaya saya bisa kembali sholat dengan sah. Tapi skrg saya sudah tau bahwa tato di membuat wudhu ataupun solat tidak sah. Terimakasih banyak atas ilmunya.

    ReplyDelete
  7. Kalo mulaff memang gak tau hukum tato sewaktu dia membuat tato, makanya ga harus di hapus karna di luar pengetahuannya
    Tapi bagi yg sudah tau hukum tatto jgn coba2 melanggar karna lain lagi ceritanya, jgn cuma berniat taubat suatu saat lalu melanggar sebelum bertaubat
    Taubat ga bisa di tentukan oleh waktu karna kita ga tau kapan ajal menjemput

    ReplyDelete
  8. Bagi yang Bertatto, jangan takut untuk hijrah, jangan takut melangkah, niatkan taubatan nashuha, karena Alloh, diterima atau tidak ibadah kita, bukan dari penilaian orang lain, melainkan niat, teruskan hijrahmu karena Alloh, Allohuakbar..!!!

    ReplyDelete
  9. tato itu adalah najiz kenapa ?? karena itu adalah darah kering bercampur dengan tinta hal hal yg membatalkan wudhu adalah najiz bagaimana mau sah wudhu dan mandi wjib kamu sedangkan najiz abadi menempel di tatomu itu??? takkan pernah sah darah itu najiz lagian sesuatu hal yg tak dibuat rasul ngapain dibuat!!! jangan menggampangkan hkum allah kulit itu terlapisi najiz bagaimana sah mandi wajibny??? sedangkan mandi wajib itu membersihkan seluruh tubuh karena air tadi membersihkan kulit jadi bila ada tato maka terhalanglah air masuk ke dalam kulit yang ingin disucikan tadi ...terima kasih salam tauhid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sblum menghakimi org yg bertato, lbih baik tnya pada ahli agama yg lebih tau, jangan asal sok suci, masukan seperti ente itu bikin yg bertato pasrah gabisa hijrah. Apa emng ditato itu termasuk musyrik? Tau kan ente dosa yg paling besar apa? Berfikir sblum berkomentar, perbanyak ilmu, jangan asal menghakimi

      Delete
    2. Emng air masuk ke kulit? Nyampur dongbama darah

      Delete
  10. Alhmdulillah ud dpet jwban yg mlapang hti buat nglanjutin ibadah dngn iklas

    ReplyDelete
  11. Alhmdulillah ud dpet jwban yg mlapang hti buat nglanjutin ibadah dngn iklas

    ReplyDelete
  12. Alhmdulillah ud dpet jwban yg mlapang hti buat nglanjutin ibadah dngn iklas

    ReplyDelete
  13. Saya mau buat tato om. Tapi dibagian organ tubuh yg gak terkena wudhu. Misalnya didada dipunggung, apakah boleh? Apakah bisa dibawa solat?

    ReplyDelete
  14. Tapi apakah benar tinta yg d suntikkan kedalam kulit benar2 suci, karena percuma kita wudhu tetapi solat kita tidak sah karena kita belum suci?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buku Panduan Belajar Imla' Gratis

Jangan Terlena Dengan Hadits "Seseorang Akan Dikumpulkan Bersama Orang Yang Ia Cintai"

Ketika Nenek Menyusui Cucunya