Perpustakaan Terbesar se-Asia Tenggara Ada di Jakarta


Percayakah anda bahwa perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara ada di Jakarta? Ya memang ada. Namun lebih tepatnya ialah Perpustakaan dengan Koleksi buku-buku ber-Bahasa Arab.
Ya perpustakaan dengan koleksi buku ber-bahasa teluk itu ada dijakarta. Tepatnya ada di Buncit Raya Jakarta Selatan, pas depan mall Pejaten Village.
Perpustakaan ini adalah perpustakaan milik kampus LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab), yang sebenarnya ialah cabang dari universitas Raja Saud Riyadh (Imam Malik bin Saud University)
Kampus ini memang bukan institusi nasional, melainkan intitusi internasional, terbukti bahwa kampus ini adalah kampus resmi kejanaan Arab saudi. Kurikulum yang diajarkannyapun persis sekali sama dengan kurikulum yang diajarkan di Riyadh sana.
Bukan hanya itu, Dosen-dosennya pun langsung diimport dari Timur tengah; Arab saudi, Syiria, Mesir, Sudan dsb. Tapi bukan berarti mahasiswanya pun orang teluk sana.
Mahasiswa-nya tetap orang Indonesia asli, karena memang kampus ini didirikan sebagai sarana orang non-Arab belajar bahasa Arab dan tentunya Syariah Islam. hanya saja luas kampus ini tidak se-luas nama dan pamornya.
Banyak orang yang tidak tahu tentang perpustakaan ini. Padahal perpustakaan ini sudah berumur lebih dari 20 tahun. Mungkin karena tempatnya yang sering berpindah.
diambil dari salah satu sudut dalam perpus
Tercatat bahwa kampus (beserta perpustakaannya) ini telah berpindah sebanyak 3 kali. Pertama kali kampus ini berdiri di Jl. Salemba Raya. Kemudian pindah lokasi ke Matraman, tepat disamping gedung kementrian Sosial sekarang.
Dan sekarang kampus itu berada di Jl. Buncit Raya No. 5A Jakarta selatan. Saling bertatap muka dengan mall Pejaten Village.
Perpustakaan ini menyediakan ratusan ribu koleksi buku dari berbagai macam disiplin ilmu. Mulai dari sejarah, filsafat, bahasa, social, peradilan, Fiqih, ushul Fiqih, Adab, Hadits, tafsir dan masih banyak yang lainnya.
Dan sudah barang tentu perpustakaan ini juga menyediakan computer dan Listening Library. Ada kaset, cd yang bisa anda lihat (baca:tonton) atau dengarkan disini dengan alat yang sudah disediakan. Tentu isinya pun berbahasa Arab. Dari mulai murottal, ceramah agama, syair-syair Arab dan sebagainya.
Bagi saya ini sangat mengagumkan, walaupun buku-buku berbahsa Arab tidak popular di Negara kita ini dan hanya dikenal dan bisa dipahami oleh kalangan tertentu saja. Dan bahasa Arab pun banyak dari kita yang tidak paham.
Tapi ini menunjukkan bahwa label 'Negara Islam Terbesar Dunia' untuk Negara Indonesia ini masih layak. Bagaimana tidak? Sumber ilmu syariah itu ada di Jakarta Ibu Kota Indonesia.
Bagi anda yang berkepentingan dengan bahasa Arab, atau ingin tahu lebih dalam dengan bahasa dan bangsa Arab, silahkan kunjungi Perpustakaan ini. Perpus ini terbukan untuk umum setiap senin-jumat dari pukul 07.30-17.00.
Namu karena ini kampus syariah dan semua regulasinya itu langsung diadopsi dari negeri Ka'bah sana, hari kunjung dibedakan untuk kaum laki dan kaum perempuan. Yaitu Kaum Laki pada hari senin, rabu, dan Jum'at. Sedangkan kaum perempuan pada hari selasa dan Kamis.
Lokasi : Jl. Buncit Raya no. 5A Jakarta Selatan (tepat didepan Pejaten Village)   
Papan Nama Kampus terlihat jelas dari jalan



Share this article :
 

+ komentar + 3 komentar

16 Februari 2012 17.45

Subhanallah, tapi sayang sekali pemerintah kita belum juga memberikan peretujuan/ izin penggunaan lahan milik LIPIA yg di dekat Terminal kampung rambutan.
Oh ya izin share ya...

17 Februari 2012 19.01

silahkan
yaa begitulah. "Indonesia"
mudah2an ada jalan keluar.,.,

5 Januari 2013 00.37

bukan indonesianya akh, krn malik abdullah blm ngsh mandat buat dibangun.. ini kata ustadz ane di kelas

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ahmad Zarkasih - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger