Iblis dan Setan, Sama kah?

Setelah membahas tentang setan di posting yang sebelumnya. Kemudian muncul pertanyaan, apakah iblis sama dengan setan? Apakah Iblis itu jin? Atau dari golongan Malaikat?


Pertama: bahwa "setan" yang disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 46:

"lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari Keadaan semula…."


yang mana ia memperdaya Adam serta hawa agar makan buah Khuldi yang telah dilarang Allah swt, "Setan" itu ialah Iblis sebagaimana yang disebutkan oleh para Mufassir.

Dalam sebuah riwayat dari As-Sadiy dari Ibnu Abbas disebutkan bahwa: setalah Iblis dikeluarkan oleh Allah dari Surga karena menolak bersujud kemudian ia ingin kembali masuk untuk mengganggu Adam as. Namun ia dilarang oleh para penjaga Surga.


Kemudian ia mendatangi seekor ular yang pada saat itu adalah hewan dengan rupa yang indah dan berkaki empat. Masuklah Iblis itu kedalam tubuh ular dengan cara ditelan. Dan kemudian ia bisa masuk ke surga dengan badan ular itu.

Setelah masuk, ia keluar melalui mulut ular itu dan memulai aksinya memperdaya Adam dan Hawa.

Dan karena persekongkolannya itu dengan iblis akhirnya sang ular dihukum dengan dipotong keempat kakinya sehingga ia berjalan dengan perutnya. Dan Allah menjadikannya musuh bagi manusia. (Tafsir Al-Rozi, jilid 2 hal 38)

Hikmah Disebutkannya Setan dan Bukan Iblis

Imam Al-Biqo'i dalam kitabnya Nadzmu Ad-Duror Fi Tanasubi Al-Ayat wa As-suwar menjelaskan, bahwa hikmah disebutkannya setan dalam ayat tersebut dan bukan Iblis ialah karena makna setan itu sendiri sesuai dengan maksud ayat, setan yang berarti jauh dari haq, jauh dari rahmat Allah dan mengajak kepada itu. (sebagaimana telah kita bahas dalam tulisan sebelumnya "Setan Juga Ada Yang Ganteng")

Sedangkan nama Iblis itu berasal dari kata Ablasa yang berarti Putus asa atau terputusnya harapan. Tidak Disebutkannya Iblis Ini merupakan kabar gembira bagi Adam bahwa pintu Taubah terbuka untuknya dan untuk tidak berputus asa. (Nadzmu Ad-Duror, tafsir surat AL-baqoroh ayat 36)

                Kedua: Apakah Iblis dari golongan jin atau golongan malaikat? karena keterbatasan Laman, Kita akan bahas 2 pendapat berbeda tersebut beserta hujjah (argument) masing-masing di artikel selanjutnya.  
untuk membaca artikelnya langsung klik disini
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ahmad Zarkasih - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger