Istimewanya Bahasa Arab

Salah satu keistimewaan bahasa Arab, bahwa kalimat-kalimat yang ada dalam bahasa Arab, jika hurufnya diputar atau dibalik, itu punya arti berbeda namun tetap dalam dimensi dan konteks yang bersmabungan. Contohnya:

Kalimat gharafa [غرف] yang artinya menciduk, yaitu menciduk air dari bak, atau menciduk sesuatu dari tempatnya. Kalau hurufnya diputar, lalu menjadi Faragha [فرغ] yang artinya adalah kosong. Ya. Bak yang berisi air itu kalau terus diciduk, pasti akan menjadi kosong.

Kita putar lagi hurufnya menjadi Ghafara [غفر] yang artiinya mengampuni, ini bersambungan dengan yang sebelumnya. Allah mengampuni dosa hambanya dengan menciduk [غرف] semua kesalahannya dengan demikian hambaNya tersebut menjadi kosong [فرغ] dari dosa.

Ada lagi kalimat Rabb [رب] yang berarti tuhan. Kita putar hurufnya menjadi Birr [بر] yang berarti berbakti (kpd oran tua). Kedua kalimat punya hubungan yang erat, karena seseorang tidak mungkin bisa dekat dengan Allah, tuhannya [رب], kecuali kalau ia berbakti [بر] kepada orang tua. Semakin jauh dia dengan orang tuanya, semakin jauh pula Allah dengannya.

Ada juga kalimat 'Aaq [عاق] yang berarti durhaka, kepada orang tua tentunyanya. Kalau kita putar kalimatnya menjadi Qaa' [قاع] yang berarti 'lowest part of anything', tempat terendah. Ya jelas hubungannya, orang yang durhaka kepada orang tua, dia berada pada poisi terendah yang hina di mata Allah dan di mata manusia bahkan. Dan orang seperti itu pasti hina.

Ini bukan kampanye untuk mempelejari bahasa Arab, dan mengurangi pentingnya bahasa Ingris. Justru bahsa Ingلris penting sama pentingnya belajar Bahasa Arab. Dan jangan pernah merasa minder kalau tidak bisa bahasa Arab.

Tidak bisa berbahasa bukanlah suatu dosa yang harus disesali dengan sangat. Bahasa Arab memang instrumen primer yang penting untuk memahami syariah. Tapi bukan berarti tidak mengetahuinya itu berdosa, karena muslim tidak dituntut untuk jadi mujtahid semua. Biarkan mereka yang punya kapasitas di dalamnya bergelut dengan dalil.
wallahu a'lam
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ahmad Zarkasih - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger