Pendaftaran LIPIA 2012 Telah Dibuka!

Alhmdulillah, akhirnya penantian panjang tejaab sudah. bagi para pencai ilmu, ilmu syariat khususnya, bahwa pendaftaran untuk mahasisa baru telah dibuka. itu untuk seua bagian; yaitu bagian I'dad, Takmily, dan juga syariah.

Namun jika para pembaca ingin lebih jauh mengenal LIPIA silahkan baca juga artikel "Kuliah Gratis, Digaji Pula" dan disana para pebaca juga bisa mendownload buklet panduan untuk menjadi mahaiswa LIPIA.

Pendaftaran:
I'dad  : Senin, 4 Juni sampai Jumat, 8 Juni 2012
Takimily dan syariah : Senin, 11 Juni sampai Jumat, 15 Juni 2012

tempat pedaftaran:
Di kampus LIPIA, Jl. Warung Buncit raya No. 5A
Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan


Untuk informasi yang lain silahkan telpon ke kantor LIPIA langsung Telp : 7814485-7814486

Materi Test
1. Materi Ujian I'dad meliputi : Maharoh Lughoh mulai Nahwu Shorof insya dll.
2. Materi Ujian Takmily meliputi : Maharoh Lughoh mulai Nahwu Shorof dan Balaghoh, sangat diutamakan yang berasal dari I'dad LIPIA sendiri, karena soalnya banyak dari materi Balaghoh I'dad
2. Materi Ujian Syariah meliputi : Aqidah, Tafsir, Fiqih, Usul Fiqih, Tsaqofah, Hadits, Ilmu Hadits dll.

Syarat Pendaftaran :
1. Calon Mahasiswa sudah tamat aliyah atau yang sederajat untuk bagian :
- I'dad lughawi : nilai rata-rata minimal 7 dan ijazah belum lewat 3 tahun.
2. Sehat jasmani & rohani
3. Berkelakuan baik
4. Mampu berbahasa arab dengan baik ( baca, tulis dan bicara )
5. Hafal Al-Qur’an (Minimal 2 juz untuk Takmily, 3 juz untuk Syari'ah).
6. Mengkhususkan diri sepenuhnya untuk belajar di LIPIA
7. Belum pernah diberhentikan dari LIPIA
8. Lulus tes tulis & tes lisan

Berkas yang diperlukan
1. Foto Copy Ijazah yang sudah dilegalisir
2. Transkrip nilai & raport terakhir
3. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian yang masih berlaku / SKCK (asli)
4. Surat Keterangan Sehat dari Dokter yang masih berlaku (asli)
5. Foto copy KTP yang masih berlaku
6. Pas Foto terbaru : (4×6) 2 lembar, (3×4) 2 lembar, (2×3) 2 lembar
7. Rekomendasi dari Sekolah atau tokoh masyarakat

Masa belajar :
I'dad Lughowi (Persiapan Bahasa) : 2 tahun ( 4 semester)
Takmily (Pra Universitas) : 1 tahun ( 2 semester)
Syariah (S1) : 4 tahun ( 8 semester )
Diplom : 1 tahun (2 smester)

Informasi ini didapat dari pengumuman yang ditempel di LIPIA Jakarta ( Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab)

Waktu tes:
sampai kabar ini di publish, penuli belum tahu kapan ujiannya itu di selenggarakan. tapi waktu ujian itu akan diketahui ketika calon mahaiswa meyerahkan seluruh berkas yang diminta, yang nantinya berkas itu akan ditukar dengan kartu peserta ujian masuk lipia. 

Comments

  1. afwan, ana dapet kabar kalo bsa daftar online juga. apakah harus daftar online terlebih dahulu baru datang langsung k kampus LIPIA.?
    syukron

    ReplyDelete
  2. iya. Memang ada pendaftaran scr online, tp itu pilihan aja. Yg mau daftar online silahkan tp sy benar2 ngga tau bagaimana mekanismenya, krn ini yg pertama kali lipia bikin itu.
    Tp yang mau dftar langsung ya silahkan dan tdk perlu lagi daftar online

    ReplyDelete
  3. assalammualaikum
    maaf akhi saya mau tanya, untuk pendaftaran.
    masih buka atau tidak?
    karna saya lihat disitu pendaftaran cuma sampe tanggal 8 juni 2012
    saya mau daftar akhi..
    syukron :)

    ReplyDelete
  4. sudah tutup. dibuka lagi nanti januari atau februari

    ReplyDelete
  5. afwan, untuk materi ujian syariah sebaiknya belajar dari buku apa ya? syukran

    ReplyDelete
  6. sebaiknya pelajari pelajaran yang diajarkan di takmili seperti adab, tauhid, tsaqofah, jgn lupa hafalan 3-4 juz.

    ReplyDelete
  7. kalau saya tidak dari takmili, sebaiknya belajar dari mana ya? saya mau langsung belajar syariah

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tahun ini dan mungkin juga tahun2 selanjutmya lipia punya aturan ngga boleh masuk Lipia kecuali yang lulus takmili

      Delete
  8. ooh gitu ya, oiya apakah ujian lisan masih ada atau sudah ditiadakan ya untuk tahun ini dan seterusnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya setipa ujian masuk itu mesti ada ujian lisan, tp kadang2 ujian lisan ngga dilaksanain ngga tau alesannya apa; tapi tiba2 juga diadain kaya smester kmrn. Ngga jelas juga

      Delete
  9. Afwan mau tanya. Untuk pendaftaran tahun ini masih akan dibuka lagi gak? Apa bulan juni itu yang terakhir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya Lipia memang buka pendaftaran 2 kali setiap tahun, pertama liburan musim panas kaya sekarng ini, biasanya bulan Juni ato Juli. Kedua di libur smester ganjil, biasanya bulan januari ato februari.
      Untuk tahun ini pndaftaran tlh ditutup bulan juni kmrn. Mungki bisa tunggu pendftran yg akan datang di bulan januari ato februari.
      pantau saja blog ini ato fb saya, insyaAllah saya kabari setiap Lipia buka pendaftaran...

      Delete
  10. Assalam.
    Saya ingin kuliah disana sedangkan saya lulusan SMU thn 2003, mohon untuk penjelasannya.
    Mohon informasi untuk jadwal pendaftaran terbaru 2012-2013.
    Terima kasih
    Wassalam.
    Saeful Aziz

    ReplyDelete
  11. assalamualaikum..,
    afwan mw nanya takmili itu apa yahh..,

    ReplyDelete
  12. assalamualaikum,,,wat smwa ikhwan yg di ridhoi ALLAH,,
    ane mw tanya ni,,,
    ane anak takmili tsani,nah ane rosib,otomatis donk ane ngulang,pas dsruh ngulang ane g pernah masuk smpe akhir smester kmren,,,,nah skrang ane mw lanjut kuliah lagi di takmili stani,
    kira@ ane bisa ikut kuliah lagi gak ???

    tdi ane ke su'un di situ ter tulis nma ane di lembaran almungkotiin aniddirosah ,,,
    klo da yg faham ane mnta tolong ya di jawab

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum. Wr. Wb
    ana mau tanya masalah pendaftaran di Lipa..
    untuk tamatan Aliyah tahun ini kapan buka?
    bisa tolong kirimkan brosur ke email ana??
    ruhy.ima@gmail.com

    Jazakallah...

    ReplyDelete
  14. assalamualaikum Wr.Wb
    akhi kalo kita hanya punya modal ngapal jus 30 bisa daftar ga?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buku Panduan Belajar Imla' Gratis

Jangan Terlena Dengan Hadits "Seseorang Akan Dikumpulkan Bersama Orang Yang Ia Cintai"

Ketika Nenek Menyusui Cucunya