Warisan Peradaban Muslim Untuk Kemajuan Dunia

Tahukah anda siapa yang pertama kali meciptakan Kamera?

Tahukah anda siapa yang pertama kali menciptakan ilmu bedah dalam disiplin ilmu kedokteran dan melakukan bedahnya pertama kali di jagad Alam ini?

Tahukah anda siapa yang menciptakan metode pembuatan jam?

Dan Tahukah anda siapa yang pertama kali melakukan penerbangan?

Mungkin anda akan membayangkan bahwa semua penemu semua bidang ilmu diatas ialah ilmuan-ilmuan Eropa. Kalau anda berfikir seperti itu anda berada pada jawaban yang salah.

Percayakah anda bahwa penemu pertama dalam semua bidang ilmu yang telah disebutkan diatas adalah para ilmuan Muslim. Penemuan-penemuan yang terjadi pada abad pertengahan, The Golden Age dalam keilmuan dan peradaban Islam bahkan Dunia 600-1600 M. Dan Eropa hanya menterjemahkan semua hasil-hasil tersebut kedalam bahasa-bahasa Negara mereka dan mengembangkannya.

Dan semua informasi yang mengejutkan ini anda bisa temui di buku fenomenal "1001 Invention. Muslim Heritage In Our World". (1001 Penemuan Ilmiah. Warisan Peradaban Muslim untuk Dunia)
Secara global buku ini adalah proyek inisiatif edukasi dalam mempromosikan dan membangkitkan kesadaran akan prestasi ilmiah dan budaya dari peradaban Muslim di abad keemasannya. Dan dengan detail buku ini menceritakan bagaimana kontribusi muslim dalam membangun peradaban dunia.

Dengan buku ini, kita (muslim Khsususnya) bisa membandingkan dan mengambil pelajaran juga sekaligus. Membandingkan bagaimana keadaan Muslim di masa keemasan tersebut yang belum ada perkembangan teknologi dengan keadaan Muslim hari ini dimana segala sesuatu tersedia.

Buku ini memuat berbagai macam informasi yang membuat kita (baca: saya.) tersadarkan bahwa betapa banyak warisan-warisan ilmu yang diwarisi oleh para pendahulu kita. Dan sekaligus malu karena kurangnya kesadaran kita akan itu semua.

Kita selalu menyangka bahwa Eropa lebih maju daripada orang-orang muslim, dan itu sangat keliru sekali. 

Jauh sebelum dunia mendengar Right bersuadara menciptakan pesawat dan menerbangkanya, kita sudah punya Abbas bin Farnas dari Cordova, manusia pertama yang "bisa" terbang ditahun 850 M, kemudian pada abad 17 M ada Ahmad Salabi dari Istambul (ketika itu namanya Islambol, setelah penaklukan Konstatinopel). Orang Turki menyebutnya Ahmet Celebi.  

Jauh sebelum orang barat mengenalkan medis kepada khalayak, Islam malah lebih dulu tahu. Dan bukan hanya medis bahkan teori bedah oleh Al-Zahrawi dan melakukan operasi bedahnya yang pertama pada tahun 975 M.

Kita juga punya Al-Hazen the First Scientist yang menemukan kamera pertama kali. Dan kitabnya yang masyhur "Al-Manadzir" atau yang Orang Barat menyebutnya dengan "The Optics" menjadi kiblat bagi para ilmuan. Bahkan menjadi materi wajib di kampus-kampus Eropa dan Amerika.

Kita punya Jabir bin Hayyan (722-815); the Father of Chemistry. Ada juga Sinan (1489-1588) Master Arsitek dari kekaisaran Ottoman yang telah membangun 447 bangunan menawan selama karir panjangnya bersama 3 sultan Utsmani yang berbeda. Dan juga Al-Jazari (abad 12) dengan Elephant Clock-nya. Yang menjadi symbol lahirnya patung robotic.

Sejarah mencatat dengan tinta emas bagaimana Islam merangkuh kejayaannya, bukan hanya dalam wilayah kekuasaan tapi juga keilmuan yang termajukan.

Buku yang selesai penggarapannya ini dibawah tangan Salim TS Al-Hassani, seorang Professor dari Universitas menchester bersam timnya ini telah dirilis pada tahun 2010 lalu di London melalui "1001 Inventions Exibition" di Museum Sains London.

Dan pada pameran ini, Meseum London berhasil memecahkan rekor dengan penugjung terbanyak, yaitu sebanyak 400.000 pengunjung selama satu smester 2010.



Ditahun yang sama, buku ini kembali dicetak ulang dan dirilis pada bulan Agustus. Kali ini dengan bahasa Turki. Sama seperti edisi terdahulu yang berbahasa Inggris, buku ini pun di launching dalam acara "1001 Inventions Exibition" di Turki.

Di tahun berikuknya, buku ini terbang ke semenanjung Arab. Pada akhir tahun 2011 buku ini kembali dilaunching versi bahasa Arab. Lagi dalam tajuk "1001 Inventions Exibition" di Abu Dhabi.

Dan baru saja pada 11 Maret kemarin, buku ini kembali singgah dan kali itu di California, Amerika Serikat dalam sebuah pameran dengan tajuk yang sama.

Buku inilah yang diharapkan bisa menjadi pembangkit para kaum muslimin dari tidurnya yang sangat lama dan kembali merebut kejayaannya. Begitu kata Prof. Salim Al-Hassani dalam wawancaranya pada pameran di London 2010 lalu.

Saya sendiri belum mempunyai buku fenomenal ini. Tapi tahun 2010 lalu, acara Ramadhan yang biasa saya tonton tiap tahun yaitu "Khowatir 6" yang disiarkan di saluran tivi MBC Saudi Arabia menjadikan buku "1001 Inventions" sebagai ulasannya selama sebulan penuh. Dari acara inilah saya tahu buku ini.

Acara yang dipandu oleh Ahmad Shughairi yang juga sebagai produser, di tahun ke-6 acara yang hanya disiarkan pada bulan Ramadhan ini, Shughairi mengupas tuntas isi buku "1001 Inbentions". Bukan sekedar mengupas, acara ini juga menjadikan Negara-negara yang disebutkan dalam buku itu yang menjadi tempat penemuan itu bermula sebagai tempat taping acaranya. Jadi "khowatir 6" tahun 2010 itu layaknya acara wisata sejarah ilmiah.

Sejak saat itu, saya "ngiler" untuk memiliki buku tersebut. Berharap Indonesia dikunjungi oleh pihak "1001 Inventions", eh sampai saat ini tak ada kunjungan dan tak ada juga terjemahan buku tersebut. 
episode Roleks Muslim. memperagakan teori pembuatan
jam yang ditemukan oleh AL-Astruluby
bersama Adam hart di London, seorang professor
berkebangsaan Inggris. praktek torpedo Air
yang ditemukan oleh Hasan Al-Rammah
pada penaklukan KOnstatinopel
Praktek Teori Qumroh dari Ibn Al-haitham
di Perpustakaan umum Istambul, Turki

Share this article :
 

+ komentar + 2 komentar

6 April 2012 07.31

berharap kita semua sadar, al -hikmah dollatul Muslim ( penemuan-penemuan terbaru mestinya menjadi anak hilang bagi seorang muslim, ia harus mencarinya sampai dapat)..
informasinya bagus sob...

14 April 2012 21.28

sudah dapat bukunya, Mas?
maaf ya, saya jg belum tahu info ttg di mana belinya. nanti klo saya ada info, insya Allah saya kabari..

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ahmad Zarkasih - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger