yang dekat, yang malu, dan yang berpaling

Disebutkan dalam hadits shohih yang Diriwatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim dari hadits Abu Waqid Al-Laitsy, ia berkata :
Ketika Rasul Shollallu ‘alyh wasallam berkumpul bersama para sahabat di masjid untuk memberikan ilmu, kemudian datanglah 3 orang.
Orang yang pertama melihat ada shoff yang kosong didepan kemudian ia mendekat dan duduk di shoff depan yang kosong itu. Orang yang kedua,
ia malu untuk melangkah di antara shof-shof, ia pun duduk dibelakang shoff (halaqoh). Kemudian orang yang ketiga, ia berpaling dari majlis dan tidak ikut duduk bersama yang lainnya, ia berpaling dari majlis Nabi Shollallu ‘alyh wasallam.
Ketika Rasul Shollallu ‘alyh wasallam selesai memberikan ilmu kepada para shahabat, Rasul berkata : maukah kalian aku beritahu tentang kisah 3 orang ? mereka menjawab : tentu yaa Rasul !. Rasul berkata : adapun orang pertama (orang yang duduk di shof depan), ia mendekati Allah, maka Allah pun mendekatinya. Adapun orang yang kedua (yang malu melangkah di antara shoff), ia malu maka Allah pun malu kepadanya. Adapun yang ketiga (yang berpaling), ia berpaling, maka Allah pun berpaling darinya.
   

Comments

Popular posts from this blog

Buku Panduan Belajar Imla' Gratis

Jangan Terlena Dengan Hadits "Seseorang Akan Dikumpulkan Bersama Orang Yang Ia Cintai"

Ketika Nenek Menyusui Cucunya