Kitab Alghoz Kontemporer (Download Kitab)

S: seorang wanita sama sekali tidak boleh jadi Imam untuk laki-laki, tapi bagaimana jika itu terjadi dan itu boleh, tidak dilarang sama sekali?
J: si wanita sedang membaca Al-Quran dan suaminya mendengarkan, ketika membaca ayat sajadah (sujud), si wanita sujud dan suaminya yang mendengarkan pun ikut sujud. Maka terlihat seakan-akan wanita mengimami laki-laki.


Nama kitabnya Al-Durar Al-Bahiyyah Fi Al-Alghoz Al-Fiqhiyyah [الدرر البهية في الألغاز الفقهية], disusun oleh DR. Muhammad bin Abdurrahman Al-Arifi, yang banyak dikenal orang dengan sebutan Sheikh 'Arifiy.

Ini adalah kitab Alghoz Komtemporer zaman sekarang, berisi lebih dari 300 contoh Alghoz Fiqih yang telah dikumpulkan dari beberapa kitab Turats (lama) dan juga dari apa yang telah banyak dibicarakan oleh kalangan para ulama Fiqih dalam majlis-majlis mereka.

Salah satu kunci yang membuat Alghoz itu originil dan terlihat tidak ecek-ecek itu ialah kematangan bahasa dan kedalaman pemahaman serta wawasan dalam masalah fiqih. Dan kitab ini, walaupun kontemporer, bahasa yang disajikan sangat akrab di telinga, mudah dimengerti tapi tetap menjaga detailnya bahasa Arab itu sendiri.

Untuk masalah Fiqih yang disajikan kedalam bentuk Alghoz dalam kitab ini tidak terbatas hanya pada madzhab si penulis saja; Madzhab Hanbali. Akan tetapi juga mencakup semua madzhab Fiqih, karena memang yang dilakukan sheikh 'Arifi bukan menciptakan Alghoz baru, akan tetapi mengumpulkan apa yang sudah ada dan menyajikan dengan bahasa yang familiar dan tidak sulit dimengerti.

Satu yang menjadi kritik dari kitab ini ialah susunannya yang tidak diklasifikasikan dengan bab-bab Fiqih, beliau (penyusun) hanya memberika nomor-nomor saja tanpa mengkotak-kotakkannya dalam bab-bab Fiqih.

Tapi yang menjadi nilai plus, kitab ini tidak hanya memuat Alghoz saja. Di footnote kita akan mendapati beberapa maklumat syariah yang tentu bermanfaat; diantara yang paling banyak disajikan ialah kisah-kisah hikmah para ulama salaf. Jadi dalam kitab ini, kita dapat 2 kelebihan.

Setidaknya kitab ini bisa menjadi teman di kala senggang, bergurau dengan gurauannya para Fuqoha' (walaupun bukan seorang faqih) itu jauh lebih baik dibanding harus bergurau yang menjurus ke maksiat. 

Link Download:


 
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ahmad Zarkasih - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger